Kebahagiaan itu ..


kita semua sering bertanya apa itu bahagia?
bagaimanakah kita bahagia?
namun, saya yakin kita semua pernah mengalami bahagia..
lalu, bahagia itu seperti apa?


Apakah sebuah kekayaan bisa membuat orang bahagia, namun faktanya Adolf Merckle, orang terkaya dari Jerman malah menabrakkan badannya ke kereta api. Dan saya rasa kekayaan tidak menjamin suatu kebahagiaan. Ada sebagian orang yang sudah punya segalanya bisa melakukan apa saja, tetapi dia tetap saja tidak bahagia ia malah dipusingkan bagaimana caraya menjaga semua kekayaannya. Saat orang sedang mengendarai mobil yang bagus ia malah iri melihat orang lain yang memiliki kendaraan yang lebih bagus dari yang ia punya. Lalu..

Apakah ketenaran bisa membuat orang bahagia, maka seharusnya Michael Jackson, penyanyi terkenal sedunia itu tidak akan meminum obat tidur hingga overdosis. Dan masih banyak lagi contoh lain artis di negara kita yang malah repot dengan mempertahankan ketenarannya, dan tidak jarang dari mereka yang malah rela tidak menjadi diri sendiri melainkan selalu berpura, apa dengan seperti itu kita akan bahagia? Saya rasa tidak, mungkin bias jadi malah sangat menyikasa dengan dipaksa harus seperti ini dan seperti itu. Lalu apa?

Apakah mungkin kekuasaan yang membuat orang bahagia, tetapi mengapa G. Vargas, seorang presiden Brazil menembak jantungnya sendiri. Apakah dengan berakhir seperti itu anda bias nilai bahwa hidupnya menjadi seorang presiden akan bahagia? Tidak, terus apa dong?

Mungkin kecantikan bisa membuat orang bahagia, karena banyak orang yang mengidamkan kecantikan, dengan kecantikan kita akan dipuja banyak orang, kalau memanb benar ,maka seharusnya Marilyn Monroe, artis cantik dari USA  tidak meminum alkohol dan obat depresi yang membuatnya hingga overdosis. Lagian kecantikan juga tidak bersifat alami kan? Nah kalau kecantikannya hilang berarti kebahagiaanya juga cukup sampai disitu dong, loh koq gitu yah?. Terus apa dong yang bias bikin kita bahagia?

Kesehatan. Nah pasti yang satu in benar, karena dengan kesehatan kita bias melakuakan apa saja, kita bias memakan apa saja tanpa ada larangan dari dokter. Terus yang jadi masalah, mengapa Thierry Costa, dokter terkenal dari Perancis, melakukan tindakan bunuh diri,  hanya karena sebuah acara di televise, ternyata kesehatan juga tak menjamin kebahagiaan.

Ternyata, bahagia atau tidaknya hidup seseorang itu bukan ditentukan oleh seberapa kayanya, tenarnya, cantiknya, kuasanya, sehatnya atau sesukses apapun hidupnya.
Tapi yang bisa membuat seseorang itu bahagia adalah dirinya sendiri, mampukah ia mau mensyukuri semua yang sudah dimilikinya dalam segala hal. Contoh kecil, seorang petani yang hidup disawah selalu menikmati makanan buatan istrinya dengan penuh rasa syukur. Sepulang kerumah, karena ia selalu bersyukur dengan apa yang telah tuhan berikan ia tak pernah mengeluh dengan semua yang orang lain anggap sebagai kekurangan. ia tak perlu dikenal banyak orang, karena ia merasa semua yang ada didekatnya sudah cukup. Ia tak perlu kedudukan lagi, toh dengan pekerjaan menjadi petani ia sudah menikmatinyadalam hidupnya, ia tak pernah resah, yang ada ia terus merasa bahagia dengan apa yang ia miliki.
Kita bisa ambil kesimpulan dari semua kejadian yang telah saya sebutkan, bahwasannya kebahagiaan itu bisa dimiliki semua orang. Dan kuncinya bagaimana cara kita mensyukuri apa yang kita punya tanpa banyak mengeluh. Kebahagiaan itu tersimpan di dalam hati kita.

Kebahagiaan tidak perlu kita cari, karena kita bias menciptakannya.

Seandainya kebahagiaan itu harus dibeli,
pasti orang-orang kaya akan membeli kebahagiaan itu.
dan si miskin akan sulit mendapatkan kebahagiaan karena sudah diborong oleh mereka.
Seandainya kebahagiaan itu ada di suatu tempat,
pasti belahan lain di bumi ini akan kosong karena semua orang akan ke sana
berkumpul di mana kebahagiaan itu berada .
Untungnya kebahagiaan itu berada di dalam hati setiap manusia.
Jadi kita tidak perlu membeli atau pergi mencari kebahagiaan itu.
Yang kita perlukan adalah hati yang bersih dan ikhlas
serta pikiran yang jernih,
maka kita bisa menciptakan rasa bahagia itu kapan pun,
di manapun dan dengan kondisi apapun.
Kebahagian itu milik orang-orang yang dapat bersyukur.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih

5 Cara Jatuh Cinta Pada Buku

Ketika Sepi