5 Cara Jitu Menemukan Ide Menulis

Menulis pada dasarnya adalah cara untuk menyampaikan informasi. Setiap orang bisa menulis tanpa terkecuali. Tetapi meski begitu, kualitas tulisan yang dihasilkan akan berbeda. Gaya penulisan setiap orang pun tidak lah sama.

Sebelum membahas bagaimana kualitas tulisan itu bagus. Kita akan terlebih dahulu membahas hal dasar yang harus dimiliki ketika hendak menulis. Yaitu menemukan ide, karena semua tulisan berawal dari ide. Tulisan tanpa ide akan terlihat ngawur, lalu bagaimana cara kita mendapatkan ide untuk menulis.

Hamdan Cha | Ide Menulis

Sedikitnya ada 5 cara yang bisa kita lakukan untuk menemukan ide menulis.
1. Mengamati lingkungan
     Lingkungan di sekitar kita adalah sumber ide. Menulis sesuatu yang dekat dengan kita atau bahkan yang kita alami sendiri, itu sangatlah mudah dan menyenangkan.
Contoh: Ketika kita berjalan di sawah, maka kita akan mudah menuliskan tentang sawah.

2. Membaca karya penulis lain
     Membaca karya penulis lain juga akan memberikan kita ide untuk menulis, tapi cara ini rentan dengan plagiat. yang kita pelajari dari cara ini adalah  bagaimana cara seorang penulis dalam menyampaikan informasi atau menceritakan sesuatu. Atau juga kita bisa menulis tema yang sama tapi dari sudut pandang kita sendiri.

3. Menuliskan ide yang sering muncul begitu saja
     Cara ini banyak digunakan penulis hebat, tapi dilupakan oleh orang-orang yang mau menulis. Ide menulis sering muncul tanpa disengaja, maka yang harus kita lakukan adalah segera menulis poin pentingnya. Kebanyakan dari kita selalu menunda, padahal juga sering terjadi ide itu justru hilang ketika kita sudah siap menulis.

4. Membaca berita
     Berita yang kita baca juga bisa memberikan ide untuk kita menuliskan sesuatu yang berkaitan dengan berita tersebut. Ini semacam refleksi atau melihat suatu berita denga teori tertentu.

5. Minum kopi dan ngobrol dengan teman
     Saya sering kali mendapatkan ide menulis ketika mengobrol dengan teman. Karena kita bisa saling berbagi pikiran dan juga ide gagasan.

Itulah 5 Cara jitu menemukan ide menulis. Ide sangatlah mahal, maka ketika kalian mendapatkan ide jangan disepelekan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih

5 Cara Jatuh Cinta Pada Buku

Ketika Sepi